Total Tayangan Laman

Jumat, 27 Mei 2011

Biografi Orang Terkaya Dunia 2011

Carlos Slim Helu adalah seorang pria kelahiran Libanon. Ia adalah seorang pengusaha bidang telekomunikasi Meksiko yang sukses menempati urutan pertama manusia terkaya di dunia versi majalah Forbes. Pada Februari 2010, kekayaannya terhitung mencapai total 60 Juta US $. Bill Gates berada di urutan kedua dengan kekayaan senilai 53 US $.
Carlos Slim Helu dikenal sebagai tokoh industri telekomunikasi paling berpengaruh di ranah  Meksiko, bahkan hampir seantero Amerika Latin. Ia mengepalai tiga perusahaan besar, yakni Teléfonos de México (Telmex), Telcel dan América Móvil. Slim juga melibatkan ketiga anaknya sebagai pimpinan perusahaan. Masing-masing adalah Carlos Slim Domit, Marco Antonio Slim Domit dan Patrick Slim Domit.
Ayah Carlos Slim Helu, Julian Slim Haddad, pindah dari Libanon ke Meksiko pada usia 14 tahun, ia lalu menikah dengan seorang wanita Lebanon bernama Linda Helu dan dikaruniai enam orang anak. Carlos Slim Helu adalah anak bungsu dari pasangan tersebut.
Nama ‘Slim’ pada Carlos Slim Helu diambil dari nama tengah ayahnya, Julian Slim Haddad. Carlos Slim berkuliah di Universidad Nacional Autónoma de México, mengambil jurusan teknik. Pada tahun 1967, beliau menikah dengan Somaya Domit Gemayel, seorang wanita berkebangsaan Lebanon-Meksiko. Somaya meninggal pada tahun 1999 silam karena gagal ginjal. Kini 3 anak Carlos menjadi pimpinan perusahaan yang dimilikinya, dan bertanggung jawab langsung kepadanya.
Carlos juga menjabat sebagai wakil Presiden Komisaris dari Mexican Stock Exchange dan Presiden Komisaris pada perusahaan broker Mexican Association of Brokerage Houses. Dia juga pernah menjadi Presiden pertama dari perusahaan New York Stock Exchange Administration Council pada medio 1996-1998.
Carlos juga pernah menjadi bagian dari jajaran pengurus utama grup Altria (dulu bernama Phillip Morris), namun sudah mengundurkan diri pada 2006 silam, dan juga grup Alcatel. Ia juga pernah menjadi bagian dari pengurus SBC Communications hingga bulan Juli 2004 yang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk program World Education & Development Fund, yang berfokus pada proyek infrastruktur, kesehatan dan pendidikan dunia. Carlos Slim Helu juga dikenal sebagai pengamat saham yang jitu. Pada tahun 1997 lalu, ketika banyak pihak belum mengetahui tentang iMac, Carlos membeli saham dari produsen iMac, Apple, yang sekarang kita ketahui sebagai salah satu branc ternama di dunia.
Carlos juga merupakan sosok dibalik berkembangnya industri keuangan Meksiko yang berada di bawah Grup bernama Group Carso, serta perusahaan ritel CompUSA, dimana ia memegang saham mayoritas. Pada umur 28, Carlos Slim Helu dinobatkan sebagai pengusaha terbaik di Meksiko.
Pada tahun 2000, Carlos mendirikan Fundación del Centro Histórico de la Ciudad de México A.C (Mexico City Historic Downtown Foundation) yang bertujuan untuk merevitalisasi dan menyelamatkan pusat kota Meksiko yang sarat sejarah. Carlos memfokuskan agar masyarakat di daerah ini dapat memiliki tingkat kehidupan yang lebih layak serta akses hiburan yang lebih memadai. Carlos juga mendirikan Latin America Development Fund, sebuah organisasi untuk pengembangan negara-negara Amerika Latin. Organisasi ini kabarnya sudah menghimpun dana sebanyak 10 Milyar US $.
Karena kemurahannya tersebut, Bill Clinton pernah berkomentar tentang Carlos Slim, menurutnya, Carlos adalah seorang penderma tanpa pamrih yang menyumbangkan banyak namun sedikit diketahui oleh orang lain. Ia menyebut Carlos Slim sebagai ‘Filantropis’ sejati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar